Monday, October 11, 2010

TUGAS IPS (y)

Bentuk-Bentuk Kerja Sama

Dalam kegiatan sehari-hari setiap manusia pasti membutuhkan orang lain. Manusia hidup itu saling membutuhkan. Mereka saling membantu. Dari kegiatan yang mereka lakukan akan membentuk suatu kerja sama. Nah, apa saja bentuk kerja sama itu? Untuk dapat menjawab hal tersebut, marilah kita pelajari hal-hal berikut ini.
Manusia perlu berinteraksi dengan manusia lain. Manusia membutuhkan manusia yang lain. Siswa memerlukan guru untuk memperoleh pengajaran dan ilmu. Anak membutuhkan orang tua untuk melindungi dan merawatnya. Orang tua juga memerlukan anak sebagai penerus generasinya. Pembeli membutuhkan penjual, demikian pula sebaliknya. Masih banyak contohcontoh lain yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Manusia dituntut untuk dapat bekerja sama satu sama lain. Kerja sama adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama. Tujuan kerja sama adalah meringankan pekerjaan, menumbuhkan rasa persaudaran, dan mempercepat selesainya pekerjaan. Bentuk kerja sama yang dilakukan, misalnya membersihkan lingkungan, mengerjakan tugas kelompok, dan menyambut hari kemerdekaan. Kita harus dapat bekerja sama di lingkungan tempat kita berada, mulai dari lingkungan rumah, sekolah, dan tetangga sekitar. Marilah kita simak bersama-sama!
1. Kerja Sama di Rumah
Kerja sama di rumah hendaknya melibatkan seluruh anggota keluarga, yaitu ayah, ibu, dan anak. Mungkin juga melibatkan sanak saudara, pembantu, atau sopir yang tinggal di rumah. Kerja sama dapat mencerminkan keluarga yang rukun, damai, dan harmonis. Setiap anggota keluarga saling membantu, saling menyayangi, dan saling menghormati. Suasana dalam keluarga menjadi hangat dan sangat menyenangkan.
Anak sebagai anggota keluarga harus dapat bekerja sama dengan anggota keluarga yang lain. Kerja sama di rumah dpat dilakukan dengan cara membantu pekerjaan ibu di rumah. Banyak hal yang dapat kalian kerjakan untuk membantu orang tua di rumah.
Beberapa contoh kerja sama di rumah sebagai berikut.
a. Mengerjakan tugas masing-masing yang sudah disepakati.
b. Membukakan pintu bagi anggota keluarga yang baru datang.
c. Berkata sopan, jujur, dan halus.
d. Apabila dipanggil segera datang.
2. Kerja Sama di Sekolah
Di sekolah kalian dituntut untuk dapat bekerja sama dengan siswa yang lain bahkan juga dengan guru. Kerja sama yang dilakukan adalah dalam hal kebaikan, misalnya diskusi kelompok. Ada kerjasama yang tidak boleh dilakukan, misalnya saling menyontek sewaktu ujian atau membuat kegaduhan dan kekacauan di kelas sewaktu guru tidak ada.
a. Membersihkan Kelas
Melaksanakan piket membersihkan kelas merupakan tugas siswa. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok piket. Setiap kelompok melaksanakan piket setiap hari sesuai jadwal. Piket harus dilakukan sebelum pelajaran dimulai. Pekerjaan akan cepat selesai dengan bekerja sama.
Ruangan yang bersih akan membuat suasana belajar menjadi nyaman.
b. Merawat Taman dan Halaman Sekolah
Biasanya di lingkungan sekolah ada taman tempat menanam bungabunga sekaligus sebagai hiasan halaman sekolah. Kita semua mempunyai kewajiban menjaganya agar tetap bersih. Lingkungan sedap dipandang dan nyaman membuat kita merasa betah. Pada hari-hari tertentu anak-anak diajak untuk bekerja bakti membersihkan halaman. Mereka saling membantu. Ada yang mencabuti rumput, menyiram bunga, menyapu, dan membuang sampah. Halaman yang bersih akan sedap dipandang dan nyaman untuk bermain. Apalagi juga ada taman yang segar, asri berwarna-warni, menambah semarak suasana sekolah yang indah.
c. Kerja Sama di Lingkungan Tetangga
Tetangga adalah orang-orang yang tinggal di sekitar lingkungan rumah kita. Mereka wajib kita kenal dan kita hormati. Lingkungan tetangga dikelompokkan dalam satu kelompok yang disebut RT (rukun tetangga). Satu RT terdiri atas beberapa kepala keluarga. Untuk membina hubungan yang baik di lingkungan tetangga diadakan suatu kerja sama. Bentuk kerja sama di lingkungan tetangga bermacam-macam. Di antaranya adalah penyelenggaraan upacara perkawinan, kematian, ronda atau siskamling, kerja bakti membersihkan lingkungan dan mempersiapkan malam tirakatan.
Dalam setiap pekerjaan harus dibuat rencana. Rencana untuk memudahkan dalam menentukan jumlah orang yang dibutuhkan dan peralatan yang diperlukan. Apabila semua sudah terpenuhi maka pekerjaan itu dapat dilaksanakan. Setelah itu evaluasi dari hasil kerja tadi perlu dilakukan demi kesempurnaan hasil kerja.